Permainan Edukatif


Daftar Kekuatan

Setiap orang mempunyai kekuatan dan kelebihan. Jika ada pepatah berkata ‘cukup hanya dengan menemukan kelebihan seseorang untuk menyukainya dan cukup hanya dengan menemukan kekurangannya untuk mencintainya dengan tulus’. Untuk mengenal kekuatan diri, seseorang bisa dengan meneliti dirinya, atau meminta pendapat orang lain. Permainan ini hendak memberikan kesempatan kepada peserta untuk lebih mengenal kekuatan diri sebagaimana dilihat oleh diri sendiri ataupun oleh orang lain.

Permainan ini bertujuan agar seseorang menyadari kekuatan yang dimilikinya. Yang diperlukan dalam permainan ini antara lain ; selembar kertas besar, spidol/pulpen, dan selotip/plester untuk masing-masing peserta. Permainan ini dapat dilakukan dimana saja tergantung pada pesertanya banyak atau tidak bisa di kelas, aula, dlsb.

Langkah-langkah permainan :

  1. Semua peserta diberi satu lembar kertas besar dan spidol.
  2. Masing-masing peserta menuliskan namanya di kertas tersebut, lalu membuat garis vertikal di tengah-tengah kertas tersebut. Di sebelah kiri, tuliskan 5 macam kekuatan atau kemampuan diri masing-masing dengan huruf cukup besar, sehingga bisa dibaca dari jarak 2-3 meter. Kertas tersebut kemudian ditempelkan di dinding dengan selotip.
  3. Para peserta secara terti berkeliling ruangan untuk membaca tiap-tiap daftar milik peserta lain, dan menambahkan sedikitnya satu kekuatan di sebelah kanan garis vertikal.
  4. Hasil akhir dari permainan ini adalah dalam setiap kertas akan ada begitu banyak daftar kekuatan masing-masing peserta.

Kesimpulan :

Setelah melakukan permainan ini instruktur/guru/mentor meminta tanggapan siswa mengenai permainan yang baru saja dilakukan. Beberapa pertanyaan yang berkenaan untuk memaknai permainan tersebut, terutama :

  1. Apa yang anda rasakan setelah membaca semua daftar kekuatan anda masing-masing?
  2. Sulit atau mudahkah menuliskan 5 kekuatan diri anda?
  3. Kekuatan apa saja yang telah ditambahkan rekan/teman anda dalam daftar kekuatan milik anda? Apakah selama ini anda menyadari kekuatan seperti yang ditambahkan oleh rekan/teman anda?
  4. Mudah atau sulitkah anda menemukan kekuatan orang lain? Mengapa?
  5. Pelajaran dan makna apa yang bisa ditarik dari permainan ini, khususnya dalam kaitan dengan upanya mengembangkan prestasi diri anda?

Setelah tidak ada lagi tanggapan, instruktur/guru/mentor meminta peserta menyimpulkan makna dari permainan ini, khususnya dalam kaitan dengan upaya mengembangkan prestasi diri.

**
Setiap orang mempunyai kekuatan dan potensi diri. Maka dari itu mengenali diri amatlah penting. Lebih dari itu semua itu harus dikembangkan secara optimal untuk terus meningkatkan prestasi diri.

Kriteria Penilaian dan Evaluasi bisa dalam bentuk member check, skala 0-5 atau S-R-TS dlsb, tergantung ruang lingkup dimana permainan ini dilakukan.

Sumber : permainan diadaptasi dari “Daftar Kekuatan” Hildergard Wenzler-Cremer dan Maria Fischer-Siregar. 1993. Proses Pengembangan Diri: Permainan dan Latihan Dinamika Kelompok. Jakarta: Grasindo, halaman 84-86  PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) untuk SMP kelas IX.

About Tirtayasa

The short command save my keystrokes but don't my brain.

Posted on Desember 17, 2009, in Pembelajaran and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

rommypujianto

photographs of thousand words

wulanpurnamawita26

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Catatan Tirtayasa

the short command save my keystrokes but don't save my brain

%d blogger menyukai ini: