Facebook & Citra Diri [My Review]


Facebook dan Citra Diri

Hidup memang penuh warna. Dari sekian warna kehidupan kita ada warna-warna terang yang selalu setia menggantung di sudut mata. Mungkinkah Facebook salahsatunya?? Seberapa seringkah kita update dan posting status. Topiknya bisa apa saja mulai tentang sisi kebahagiaan, keluhan, curhatan, kekesalan, kekecewaan, kemarahan, kepedihan, kekonyolan, kekosongan atau bahkan ketidakjelasan tentang keadaan diri dan sekitar yang kita alami saat itu ikut memenuhi dinding fesbuk. Fesbuk memang warna yang menggantung di sudut mata kita. Sayangnya dibalik itu semua ada pergulatan, pertarungan, ketegangan, kekesalan, kekecewaan, amarah karena pulsa sering habis, tagihan internet nombok, rebutan komputer, dan cape dech.

Facebook tak dinyana tak diduga sudah (sangat) mendunia, apalagi bagi masyarakat Indonesia. Menurut situs Alexa.com halaman situs facebook berada pada peringkat pertama yang diakses oleh pengguna jaringan internet dari Indonesia setiap harinya. Sedangkan di dunia Indonesia menempati peringkat kedua pengguna facebook. Apakah hal tersebut pantas menjadi sebuah prestasi dari pesatnya pemanfaatan teknologi bagi penduduk negara kita yang serba konsumtif ini.

Bayangkan jika ±50 juta (hitung-hitungan kasar saja user aktif facebook dari Indonesia, valid tak valid survey saja sendiri data asli usernya berapa) anak negri ini dapat merubah pola hidupnya hanya karena berkenalan dengan facebook. Bayangkan jika anda memetakan arsip trafick data setiap harinya yang diposting oleh user dari Indonesia? Kira-kira akan menghabiskan kapasitas harddisk ukuran berapa ya? Tak pernahkah terbayangkan oleh kita jika facebook (mungkin atau bisa saja) dijadikan sebagai alat mata-mata pihak luar? Banyak penelitian yang dilakukan dengan mengemukakan facebook dan segala kompleksitas permasalahan di dalam dan di luar nya. Pernahkah terpikirkan oleh kita itu semua?

Pertanyaan-pertanyaan diatas tak perlu dijawab karena itu hanya paragraf pembuka yang tak karuan arahnya kemana? Dan saya pun tak sanggup menjawabnya saat ini karena sedang tak karuan arah pikirannya.

Back to Facebook.. Ada yang setiap saat upload status lewat HP, dari cerita jatuh dari motor, bertemu teman lama dari SD-SMP-SMA dan mantan pacar dulu, memposting koleksi foto pribadi lebih mudah dilakukan di facebook daripada harus mahal-mahal mengeluarkan biaya cuci cetak, mendapatkan teman baru untuk bersosialisasi di dunia maya yang asyik apalagi cantik dan single (u/pria) ganteng dan single (u/wanita) atau bahkan sampai makan cuanki yang kepedesan pun dapat ditemukan di facebook. Jika anda ingin mengetahui posisi dan keadaan teman anda ada dimana saat ini pun bisa dicari di facebook. Kapanpun dimanapun jika anda melihat orang memegang ponsel dan terlihat asyik tak mau diganggu, senyum-senyum atau tertawa sendiri bisa jadi sedang membuka facebook. “gotcha, you’re caught in the web”.

Anehnya, hati selalu harap-harap cemas, gelisah tak karuan menunggu adakah yang mau berkomentar? Jika ada maka kegilaan selanjutnya akan terus lanjut bercerita panjang lebar melebihi hebohnya wartawan infotainment mencecar artis dengan pertanyaan di konferensi pers demi naiknya rating acara gosip di televisi.

Hmm, ternyata lewat facebook kita bisa membentuk image/citra diri kita sendiri. Di facebook anda mau di nilai orang baik, nakal, jelek ataupun orang alim semuanya ternyata bisa kawan-kawan, itu semua bisa dianalisis via status ataupun dari notes yang kita buat. Percaya atau tidak pikirkan sendiri masing-masing. Jangan mudah menilai orang hanya dari yang nampak di facebooknya. Karena tak kenal maka tak sayang tak sayang maka tak kibulin. hehe.. Tak semua yang anda baca dan lihat itu benar adanya. Masih belum percaya? Coba deh jangan dipikirin, cuma membuang energi saja, mungkin!

Seberapa populer dan terkenalkah jejak anda ada di dunia maya? Pernahkah suatu ketika anda mengetikkan nama anda sendiri (baik nama asli maupun nama alias yang biasa dipakai) di search engine google? Lihat dan saksikan betapa terkenalnya anda menjejak di server data yang tersimpan oleh jaringan teknologi internet dunia melebihi kumpulan arsip data anda di komputer pribadi!!

Anda telah memasuki tahap awal era ‘blackbox system‘ teknologi yang entah kapan akan mencapai titik kulminasinya. Dan anda juga dapat menemukan pengetahuan tentang segala sesuatu dengan mudah di internet. Tapi saya yakin tak semuanya bisa didapat disini. Karena teknologi tak bisa (selalu) mengganti dan memberi kemudahan dan bahkan saya rasa belum bisa menggantikan peran konvensional.

Saya sudah merana dan tersiksa karena harus dan telah berkenalan dengan fesbuk. Ingin diputus tidak berani karena sudah terlalu sering diputusin pacar dari dulu sampai sekarang, ingin pisah ranjang (memang belum punya teman seranjang, hehe..) tak sanggup hidup sendiri masih belum kuat karena hidup sendirian memang merana. Sudah cukup nanti di alam kubur tidur sendirian tanpa teman.

Berdasarkan kesimpulan dan pemikiran sendiri, jika ini (tulisan) tidak bermakna dan terus berlanjut pada efek samping negatif segera hubungi dokter ahli teknologi terdekat. hah, semakin tak nyambung penutupnya. Iseng-iseng nulis sambil nunggu downlodan beres, gak rugi gak dosa. enjoy aja. disambung di lain hari dan di lain cerita…

Salam hangat, Tirtayasa Hidayatullah
The short command save my keystrokes but don’t save my brain.

About Tirtayasa

The short command save my keystrokes but don't my brain.

Posted on Januari 18, 2010, in Gado-Gado and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

rommypujianto

photographs of thousand words

wulanpurnamawita26

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Catatan Tirtayasa

the short command save my keystrokes but don't save my brain

%d blogger menyukai ini: