Membuat Jaringan Sederhana dengan Ubuntu (Ubuntu 9.10 dan 10.04)


Membuat Jaringan Sederhana dengan Ubuntu (Ubuntu 9.10 dan 10.04)
untuk membagi koneksi internet atau main game online

Meski sudah korban satu harddsisk karena mau upgrade Ubuntu 9.10 ke 10.04 LTS karena masalah sepele alias masang kabelnya kurang pas mengakibatkan harddisk terbakar, masih ada niatan nekat utak-atik laptopnya sepupu yang baru beberapa bulan beli, di laptopnya yang sudah built-in wifi, saya memakai koneksi smart untuk jaringan internetnya, lumayan murah meriah, walau koneksinya lambat banget.

Untuk membuat jaringan ini, saya berusaha untuk menggunakan cara yang paling mudah dan jauh dari pusing agar bisa diikuti semua kalangan, saya juga sebisa mungkin menghindari penggunaan terminal/console untuk mengedit settingan, karena saya pun masih belajar dan belajar untuk mahir menggunakan Linux. Adapun software tambahan yang dibutuhkan adalah:

  1. Firestarter (417kB)
  2. DHCP3. (373kB)

Jadi total downloadnya cuma sekitar 800-an kB. Cara menginstall kedua software itu dari Ubuntu 10.04 cukup mudah, yaitu dengan menjalankan Synaptic Package Manager dari menu System -> Administration -> Synaptic Package Manager, selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut, ikuti saja langkah-langkah selanjutnya sesuai gambar:

synaptic modif

synaptic modif

synaptic 2

synaptic 2

synaptic3

synaptic 3

synaptic4

synaptic 4

synaptic5

synaptic 5

synaptic6

synaptic 6

Ok, setelah selesai langkah diatas, kita coba dulu setting Wifi kita agar bisa di sharing peer to peer, kita mulai dengan mengklik network manager pada icon yang ada di atas (Ubuntu) atau dibawah (Linux Mint yang saya pakai) kemudian kita klik “create new wireless network” seperti berikut:

new_net1

new_net 1

Setelah muncul berikut silahkan pilih nama network yang anda sukai, dan silahkan tentukan pilihan tipe enkripsi password yang menurut anda paling bagus, saya pilih tipe enkripsi seperti dalam gambar karena HP china saya cuma support tipe enkripsi yang ini.

new_net2

new_net 2

Kalau anda mau mungkin bisa memilih WPA seperti berikut, tapi itu terserah anda dan tergantung kebutuhan.

new_net3

new_net 3

Selanjutnya kita akan lihat, berapa nomor IP yang diberikan oleh ubuntu ke alat wi-fi kita dengan mengklik kanan icon network manager seperti berikut, sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar berikutnya.

new_net4

new_net 4

Dari info dari gambar berikut kita mendapatkan informasi bahwa alat wifi kita mendapatkan IP 10.42.43.1, maka nanti kita bisa membuat DHCP range berdasarkan ini pada Firestarter pada langkah berikutnya (IP DHCP tidak boleh sama dengan ini, kita bisa berikan 10.42.43.2 dst.).

new_net5

new_net 5

Selanjutnya jalankan firestarter dari Menu -> Internet -> firestarter, karena baru pertama kali maka akan muncul wizard seperti berikut, ikuti saja langkah-langkah dibawah ini:

firestarter0

firestarter 0

Nah untuk pilihan berikutnya anda harus memilih menggunakan koneksi apa, jika menggunakan LAN maka anda harus memilih seperti dibawah, tapi kalau pakai modem untuk konek ke ISP seperti smart yang saya pakai, maka pilihlah PPP0.

firestarter2

firestarter 2

Contoh pilihan koneksinya seperti dibawah ini, tapi karena waktu bikin screenshot ini saya lagi gak konek ke smart, jadi PPP0nya gak muncul.

firestarter3

firestarter 3

Selanjutnya pilih koneksi yang akan digunakan untuk sharing peer to peer, karena saya akan menggunakan wifi, maka saya pilih yg wlan0.

firestarter4

firestarter 4

Ok, sampai sini selesai, tinggal kita siapkan setting DHCPnya di gambar berikutnya:

firestarter5

firestarter 5

Ok, sekarang kita setting DHCPnya, dengan klik program refference seperti di gambar bawah:

firestarter6

firestarter 6

Selanjutnya akan tampil seperti gambar dibawah ini:

firestarter7

firestarter 7

Kita pilih network setting seperti berikut ini, kita centang enable DHCP-nya, lalu klik detailnya seperti gambar berikutnya.

firestarter8

firestarter 8

Anda juga bisa mengganti-ganti input dan output Device networknya seperti berikut, tapi kalau tidak ada, abaikan saja, langsung ke gambar berikutnya.

firestarter9

firestarter 9

Lowes dan highest IP addressnya harus disesuaikan dengan IP wirelessnya, agar sesuai dengan netmask nya.

firestarter10

firestarter 10

Klik apply, selanjutnya kita klik tanda icon “>” pada tampilan utama firestarter untuk memulai sharing internetnya, seperti pada gambar berikut :

firestarter11

firestarter11

Jika tidak ada pesan kesalahan, maka anda sudah berhasil membuat jaringan peer to peer network untuk dirumah anda. Selamat mencoba….

About Tirtayasa

The short command save my keystrokes but don't my brain.

Posted on Juni 7, 2010, in InfoTech, Pembelajaran and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

rommypujianto

photographs of thousand words

wulanpurnamawita26

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Catatan Tirtayasa

the short command save my keystrokes but don't save my brain

%d blogger menyukai ini: