Contoh Instrumen Quesioner Pelatihan [Evaluasi]


Banyak upaya yang telah dilakukan oleh institusi/lembaga Pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan kemampuan aparatnya melalui berbagai pelatihan. Upaya-upaya tersebut antara lain mengirimkan ke berbagai lembaga pendidikan formal, baik di dalam negeri maupun luar negeri, dan melalui berbagai pelatihan kedinasan, melalui PUSDIKLAT (Pusat Pendidikan dan Pelatihan) serta melalui pelatihan-pelatihan lain yang bersifat fungsional. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang ada, sehingga pada gilirannya mampu untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan yang lebih optimal.

Banyak investasi yang telah ditanamkan oleh pemerintah indonesia untuk meningkatkan kinerja aparatnya melalui program pelatihan, namun tidak banyak hasil dan manfaat yang dapat dirasakan dari program pelatihan tersebut. Hal ini ditengarai dengan banyaknya “aparat” yang belum siap untuk melakukan tugasnya secara profesional. Banyak kegiatan dan program dilakukan hanya sekedar melakukan kewajiban saja tanpa memperhitungkan keluaran dan hasil sesuai dengan kualitas yang diharapkan. Salah satu kegiatan tersebut adalah “Pengembangan Sumberdaya Manusia” melalui program pelatihan.

Program pelatihan, secara sepintas tampaknya sederhana, namun, bila dicermati, membutuhkan suatu penanganan dan pengelolaan yang serius. Dalam hal ini program pelatihan tidak hanya menjadi tanggung jawab tenaga ahli pelatihan saja. Program pelatihan menjadi tanggung jawab seluruh pihak yang ada di lembaga atau instansi dan yang terpenting adalah adanya komitmen pimpinan lembaga atau instansi. Komitmen dan tanggung jawab tersebut beranjak dari awal, pada saat penjajagan dan identifikasi kebutuhan pelatihan sampai dengan tindak lanjut pelatihan.

Bilamana tidak ada tanggung jawab dan komitmen semua pihak, maka program pelatihan apapun juga, dengan biaya sebesar apapun juga, tidak akan mempunyai manfaat dan dampak yang berarti.

Dalam mengelola program pelatihan perlu dibuat suatu panduan dasar. Secara garis besar panduan mengelola program pelatihan itu harus menjabarkan dan menguraikan beberapa langkah strategis dan sistematis dalam mengelola program pelatihan, mulai dari penjajagan kebutuhan pelatihan sampai dengan rencara tindak lanjut. Secara singkat dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Identifikasi dan penjajagan kebutuhan dan penentuan prioritas kebutuhan pelatihan.
  • Menguji berbagai posisi atau jabatan dalam lembaga atau instansi yang akan menjadi prioritas.
  • Menganalisis jabatan dengan cara melakukan analisis uraian tugas, spesifikasi tugas dan analisis persyaratan kualifikasi yang diminta.
  • Memilih dan menetapkan orang-orang yang perlu mendapatkan pelatihan, jumlah peserta dan lain sebagainya.
  • Merumuskan tujuan pelatihan.
  • Menyusun dan mengembangkan sillabus pelatihan, kurikulum pelatihan dan lain sebagainya.
  • Merencanakan program pelatihan lebih terperinci.
  • Melaksanakan program pelatihan.
  • Melakukan evaluasi dan;
  • Pengembangan rencana tindak lanjut.

Diharapkan bahwa melalui tahapan-tahapan tersebut di atas, pengelolaan program pelatihan dapat lebih menjawab tuntutan saat ini. Disini saya hanya akan berbagi  sedikit contoh tentang panduan Evaluasi nya saja.

Download :

Instrumen Quesioner Awal Pelatihan

Observasi Aktivitas Pelatihan

Self Evaluation Check List (SECL)

About Tirtayasa

The short command save my keystrokes but don't my brain.

Posted on Oktober 11, 2011, in Pembelajaran and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

rommypujianto

photographs of thousand words

wulanpurnamawita26

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Catatan Tirtayasa

the short command save my keystrokes but don't save my brain

%d blogger menyukai ini: