Tragedi Berdarah di Banten 1888 Perang Ki Wasyid -2-


BAB II
PERANG GUDANG BATU PERTAMA

Baiklah, sebelum kita ikuti peristiwa bersejarah berikutnya yang melahirkan tokoh utama dalam kisah ini. Ada baiknya kita menengok kebelakang sebentar, tentang kejadian sekitar abad ke-16 yang sangat erat kaitannya dengan latar belakang berdirinya Kerajaan Islam Banten.

Pada pertengahan abad ke-16, Banten berada dibawah kekuasaan Kerajaan Sunda, dengan pusat pemerintahan di Banten (Wahanten) Girang, ditepi kali Dalung yaitu disekitar daerah Sempu sekarang. Ketika itu penduduk Banten memeluk agama Hindu (Sunda Wiwitan), yang mengabdi kepada Prabu Pucuk Umun sebagai penguasa tertinggi didaerah itu. Perlu diketahui, menurut catatan sejarah, Prabu Pucuk Umun termasuk keluarga dekat dari Prabu Siliwangi yang menjadi raja di Pajajaran. Pada saat itu, Banten cukup ramai dikunjungi pedagang asing dari beberapa negara. Sementara pelabuhan Banten, tercatat sebagai pusat perdagangan yang menarik perhatian para saudagar Asia dan Eropa. Hasil bumi yang diperdagangkan waktu itu adalah beras dan lada.

Tatkala Syarif Hidayatullah dan putranya Maulana Hasanuddin menginjakkan kaki pertama kali di Banten, untuk suatu tugas suci meng-Islam-kan penduduk. Ketika itu, hanya beberapa penduduk saja yang telah memeluk agama Islam. Mereka menetap disekitar Banten, namun berkat penampilan Syarif Hidayatullah serta putranya Maulana Hasanuddin yang begitu menawan hati penduduk, maka sebagian penduduk Banten, dengan sukarela beralih agama menjadi pemeluk Islam yang taat serta setia kepada kepemimpinan Syarif Hidayatullah dan putranya.

 

About Tirtayasa

The short command save my keystrokes but don't my brain.

Posted on Agustus 24, 2013, in Goresan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

rommypujianto

photographs of thousand words

wulanpurnamawita26

Just another WordPress.com site

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

Catatan Tirtayasa

the short command save my keystrokes but don't save my brain

%d blogger menyukai ini: